Malam ini aku mau share materi #copywriting yang lagi aku pelajarin. Spesifiknya ini copywriting buat kamu yang punya bisnis ya.. Notes : Ini materi dari salah satu kursus yang lg aku ikutin, kalo bayar harganya 500ribu.. Mau gratis? Nah, ikutin di twitter aja!
#copywriting itu gimana cara buat tulisan yang sifatnya persuasif untuk ngarahin audience ke satu tujuan. Nah, karna ini copywriting buat bisnis jadi tujuannya ngarahin orang2 buat beli produk atau jasa kita ya.
#copywriting itu teknik permainan kata dan penulisan kalimat untuk bikin konten jadi : • menarik • memorable • gampang diinget • punya ciri khas tertentu • jadi identitas brand #copywritingbisnis itu menulis cerita yang punya kekuatan untuk menjual.
Apa perbedaan copywriter, content writer dan script writer? Meski sama - sama nulis tp tujuannya beda! Copywriter : menulis naskah iklan apapun mediumnya. Content writer : menulis konten sosmed, deskripsi produk, artikel. Script / Screen Writer : menulis naskah film.
Buat bisnis : Storytelling ---------> STORYSELLING Maksudnya? Jadi, gimana tulisan kamu bisa gerakin orang buat beli produk / jasa yang kamu tawarkan. Formulanya : Kalo bukan cerita aku (pengalaman sendiri) berarti gunain cerita orang lain.
Contoh : Jual hand sanitizer tp harganya murah banget. Segmen buat pedagang di pasar. Karna kamu kerja di kantor, otomatis gunain formula "cerita orang lain". Nah, coba deh ajak ngobrol tukang jualan dan olah cerita darisana. Coba, produk kamu apa? Formulanya yg mana?
Gunanya #copywriting buat bisnis kamu : 1. Menyesuaikan komunikasi brand dengan gaya konsumen. 2. Membentuk identitas brand lewat tone of voice. 3. Membangun hubungan dengan konsumen, sehingga pesan diterima dengan baik.
#copywriting bisa disampaikan lewat sosial media yang kamu miliki. Caranya? • meme • infografik • kuis • edukasi Tapi sebelum mulai, kamu harus tentuin dulu tujuan kamu apa? Karna setiap stage akan beda - beda cara komunikasinya dan konten yang disajikan.
Stage komunikasi di sosmed : 1. Bangun Image dan awareness. 2. Promo 3. Engagement (naikin followers) 4. Trust dan Loyalty. Nah, kamu ada di stage yang mana skrg?
Yang harus kamu lakukan : 1. Cari referensi sebanyak mungkin. 2. Lihat perilaku konsumen. 3. Update sama tren saat ini. 4. Mengikuti perkembangan dari buku, film, teknologi, sosial media. Rulesnya : 1. Tidak harus suka tapi harus tahu. 2. Tidak harus ikut harus harus relate.
Nanti malam lanjut ya.. Belajar #copywriting part 2 sekalian latihan! Yang punya bisnis merapat yak jam 7 malam 👌 Absen disini, siapa aja yang mau belajar bareng ⬇️ Bisnis kamu bidang apa? Yang dijual apa?
Belajar Copywriting Part 2 ⬇️ https://twitter.com/AliciaVanAkker/status/1285554035051737090?s=19
Sumber asli di Twitter: https://twitter.com/AliciaVanAkker/status/1285185967259701249