PELUNCURAN KATALOG UMKM & PELATIHAN GO DIGITAL & SCALE UP Bersama WhatsApp - THREAD -
Iskandar Simorangkir - Deputi Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian RI "UMKM menjadi bantalan ekonomi di Indonesia, di 2025 ekonomi digital 133M USD tetapi kita menyadari UMKM yang digital baru 9,4 juta unit usaha. -
- Di era covid-19 peranan ekonomi digital sangat penting. Acara ini sangat penting untuk mencari terobosan UMKM untuk mempercepat digitalisasi penjualan barang karena tidak bisa melakukan transaksi ekonomi konvensional -
- Diharapkan UMKM bisa Go Digital dan meningkatkan efektivitas usahanya, menggali inovasi dan berbagi pengetahuan untuk bisa mengembangkan UMKM agar bisa cepat tumbuh dengan memanfaatkan teknologi digital"
Dampak pandemi pada bisnis UMKM dan bagaimana respon Pemerintah? Ir. Eddy Satria - Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM RI
"Dukungan Pemerintah dengan adanya program Go Digital bersama WhatsApp, apapun kondisinya salah satu yang terasa adalah bagaimana kita memaksimalkan digitalisasi. Kita tau ada sektor yang mendukung langsung misal Kominfo dan aplikasi besar spt WhatsApp, Facebook dll -
- Apa yang dilakukan WhatsApp harus diakui untuk angkat topi dan berterima kasih, semoga WhatsApp menjadi salah satu alat untuk meningkatkan literasi digital dan memanfaatkannya untuk hal produktif"
Ada perbedaan tidak dari segi pola transaksi UMKM di masa pendemi? Djauhari Sitorius - Head of PMO SNKI Dampak pandemi terhadap perekonomian omset turun, kenaikan biaya, UMKM harus berhenti, itu mendorong adanya inovasi dan upaya melakukan adopsi.
- Banyak juga UMKM yang melakukan adjustment dengan menjual produk yang mendorong protokol kesehatan, delivery, promosi online. Dari sisi pelanggan, ada perubahan perilaku orang cenderung takut transaksi dgn uang tunai, keluar untuk belanja, ini merubah proses transaksi.
- Dari aspek pemasaran, banyak usaha mikro kecil yang mempromosikan usaha secara online secara agresif, 300 UMKM dari mei - juni sudah Go Digital. Aspek kedua sistem pembayaran, transaksi non tunai / digital payment.
- Berdasarkan data belum banyak pelaku usaha yang berubah dari transaksi tunai, diharapkan banyak yang mengadopsi sebab tingkat kepemilikan hp cukup tinggi namun nggak sampai ¼ yang menggunakan untuk transaksi keuangan.
Dampak pandemi terhadap pelaku usaha di Indonesia Ismiyati - Perwakilan UMKM UKM Indonesia "Sekarang masyarakat membeli krn butuh makanan sehat yang sesuai kondisi sekarang. Roti bekatul sebenarnya tidak terpengaruh besar akibat pandemi karena transaksi juga sdh digital"
Anton Wirjono - Founder & CEO The Goods Dept The Goods Dept sangat terdampak karena bisnis Goods Dept 80% terjadi di toko fisik, 20 % online. Nah, selama PSBB penjualan offline 0, untuk digital sangat mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat.-
-Strategi marketing 4P (Product, Pricing, Promotion dan Place). Strategi ini dimanfaatkan, demand untuk produk berubah, permintaan kemeja menjadi naik, makanan juga naik. Pricing, sekarang banyak org cari diskon-
-Secara Promosi sangat berubah, channel nya online dan promosi digital dr Instagram dan Facebook, juga WhatsApp.
Bagaimana UMKM Indonesia merespon krisis pandemi Dewi Meisari - Co-Founder https://umkmindonesia.id/ “Ilmu digital perlu ditularkan, dibuka mindsetnya, jangan bilang teknologi digital ribet. Sekarang sdh jadi skill yang mutlak jika ingin bertahan -
- Dengan Go Digital bisa membantu untuk bertahan dan bangkit. Program ini sudah terstruktur, jadi ayo kita belajar bareng!”
Karissa A. Sjawaldy - Manajer Kebijakan Publik Facebook Indonesia Terkait pemulihan ekonomi di tengah pandemi, program pelatihan Go Digital merupakan wujud kontribusi untuk mendorong target2 Pemerintah agar makin banyak pelaku UMKM yang fasih memanfaatkan teknologi yang ada.
Link / QR Qode mendaftar Pelatihan Go Digital & ScaleUp bersama WhatsApp
Sumber asli di Twitter: https://twitter.com/TopKarir/status/1285410413408948224